Salah satu penyebab kemacetan

Banjarmasin, KP – Dituding sebagai salah satu penyebab kemacetan arus kemacetan lalu lintas di Jalan Ujung Murung Banjaramsin, kini jalan satu jalur menuju kota Banjarmasin ini akhirnya dibersihan dari parkir oleh Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Banjarmasin.
Pencabutan izin parkir tersebut diberlakukan sejak, Senin (3/1) kemarin menyusul menyikapi adanya permintaan dari pihak Poltabes Banjarmasin dan rencana Pemerintah Kota (Pemkot) untuk kembali menata kawasan parkir disekitar Pasar Sudimampir Raya.
“Sehubungan banyak pihak yang meminta jalur tersebut ditiadakan parkir tentu saja mulai awal Januari 2011 ini, larangan parkir di kawasan tersebut mulai diberlakukan,’’ucap Kepala Dinas Dishubkominfo Kota Banjarmasin, Drs H Rusdiansyah kepada {[wartawan]}, Senin (5/1).
Karena, ujarnya, arus kemacetan yang sering terjadi dikawasan Pasar Sudimampir tersebutlah yang menjadi alasan utama bahwa parkir tersebut dibersihkan atau ditiadakan. Sebab tempat parkir yang sudah berada di depan Pasar Sudimampir Baru dan Hotel Amandit ini memang selalu menjadi penyebab kemacetan karena mempersempit jalan, apalagi sering terjadi bongkar muat di lokasi tersebut.
“Terus terang pembersihan lokasi parkir ini sebenarnya sudah direncanakan Pemkot Banjarmasin guna melakukan pentaan terhadap kawasan Pasar Sudimampir, dan rencannanya parkir tersebut akan kita pindahkan ke atas,”papar mantan Camat Banjarmasin Tengah ini.
Namun pemindahan ini dianggap memiliki kendala, sebab bagian bangunan atas pasar saat ini kondisinya masih belum tertata dengan baik karena disana ada juga kios atau barang-barang lainnya sehingga perlu ditata kembali.
“Memang untuk parkir di atas pasar tersebut kita akan lihat kembali, namun kita juga tidak tinggal diam, kita saat ini juga merencanakan alternatif lainnya,” papar Rusdiansyah lagi.
Pembebasan kawasan parkir disepanjang jalan Ujung Murung ini, menurut Rusdiansyah, juga merupakan langkah awal untuk kembali melakukan penataan ulang terhadap kawasan parkir di Pasar Sudimampir.
Sedangkan penataan yang rencananya akan dilakukan dikawasan ini diantaranya adalah, memindahkan parkir ke atas gedung, namun hal tersebut masih dilihat kembali apakah tempatnya memadai atau tidak.
Adapun alternatif lainnya, dengan menutup akses jalan untuk kawasan Taman Parkir Pasar Sudimampir yang nantinya tidak boleh ada kendaraan yang melintas di kawasan tersebut.
Sedangkan alternatif kedua adalah, dengan tetap membuka akses jalan dikawasan taman parkir untuk dilalui, namun pedagang yang berada di trotoar maupun emperan jalan akan ditertibkan.
Rencana ini, menurut Rusdiansyah juga diamini oleh Satlantas Potabes Banjarmasin, yang mendung apabila kawasan tersebut ditutup atau ditertibkan, karena dinilai tingkat kemacetannya sudah sangat tinggi.(vin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s