Kendali Pintu Otomatis dengan Infra Merah

SEMARANG – Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas AKI (Unaki) Anton Widiyanto, berhasil menciptakan pengendali pintu otomatis dengan sensor infra merah, menggunakan Mikrokontroler AT89C51.

Prototip pintu otomatis, dimana mesin pintu dikendalikan oleh mikrokontroler dengan sensor infra merah ini dibuat dengan menggunakan mikrokontroler AT89C51 sebagai pengendali utamanya.

“Sedangkan sensor infra merah yang digunakan merupakan perangkat yang digunakan untuk merespon lingkungan luar dalam bentuk panas tubuh manusia,” paparnya saat mempresentasikan hasil penelitian tugas akhirnya di AKI Crown Campus, baru-baru ini.

Berbagai hasil program komputer yang dapat diaplikasikan untuk mengubah suatu sistem menjadi komputerisasi dengan bantuan teknologi informasi ikut dipaparkan. “Di antaranya program animasi sampai pembuatan film kartun, desain website, games, maupun sistem pakar mendominasi hasil program komputer mahasiswa pada semester ini,” jelas Tri Purwani SE MM, dekan Fakultas Ilmu Komputer.

Lebih lanjut Anton menjelaskan, instruksi pengendali pintu otomatis menggunakan bahasa assembler yang standar dengan keluarga MCS51. “Penulisan program bisa menggunakan notepad.”

Instruksi yang telah disusun menjadi bentuk program dengan format ASM terlebih dulu dimasukan ke dalam format Hexsa. Sebab, komputer tidak mengerti bahasa dalam format ASM.

Teknik komplikasinya menggunakan program compiler standar MCS51, dalam hal ini yang digunakan adalah program ASM51. Setelah program dalam bentuk format Hexsa terbentuk, selanjutnya dilakukan proses downloading program dengan format Hexsa dari PC ke mikrokontroler.

“Proses ini dapat menggunakan sebuah perangkat yang dinamakan Universal Atmel Writer yang banyak tersedia di pasaran. Setelah itu Chip AT89C51 siap dioperasikan dalam mode single chip,” jelasnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s