Simulasi Pintu Otomatis Dengan Sensor Infra Merah

Alat Simulasi Pintu Otomatis Dengan Sensor Infra Merah adalah suatu alat simulasi yang digunakan untuk membuka dan menutup pintu secara otomatis bila ada orang yang akan keluar atau masuk melalui pintu tersebut.

Alat ini akan sangat berguna bila dipasang pada pintu yang banyak dilalui orang, sehingga orang-orang dapat langsung keluar atau masuk ruangan tanpa harus mendorong pintu dan menutupnya kembali. Pemasangan alat ini pada bangunan yang menggunakan pendingin udara secara menyeluruh akan membantu menjaga agar udara yang sejuk tidak keluar dari ruangan, karena pintu akan langsung tertutup bila tidak ada orang yang melaluinya. Adanya alat ini diharapkan selain dapat membantu membuka dan menutup pintu juga meningkatkan efisiensi waktu yang terbuang akibat terjadinya antrian bila banyak orang ingin melalui pintu sementara pintu tersebut harus dibuka dan ditutup secara manual oleh tiap-tiap orang yang melaluinya.

Alat ini bekerja dengan menggunakan sensor infra merah yang peka terhadap suhu badan manusia, di mana suhu badan tersebut mempunyai panjang gelombang yang sama dengan infra merah. Akibatnya bila ada manusia yang masuk ke dalam daerah jangkauan sensor, maka pintu akan terbuka secara otomatis dan selang beberapa waktu bila sudah tidak ada orang lagi, maka pintu akan menutup secara otomatis. Pintu yang digunakan adalah jenis pintu double sliding door, sedangkan motor penggerak pintu yang digunakan adalah motor jenis H-Bridge

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s