Perubahan Sistem Parkir di Kampus Unpad

Unpad.ac.id, 30/06/2011] Mulai hari ini, sistem parkir di Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri (Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung) mengalami beberapa perubahan. Salah satunya adalah perubahan lokasi pintu masuk (gate) bagi parkir sepeda motor. Jika sebelumnya pintu masuk berada di dekat pos satpam, kini pintu masuk terletak agak di tengah dari jalur parkir.

“Dari hasil evaluasi selama ini, parkir sepeda motor terlihat masih awut-awutan (tidak teratur). Lokasi gate di ujung dekat pos satpam membuat ada lokasi parkir yang kosong, tapi ada juga lokasi yang sangat penuh. Dengan memindahkannya ke tengah, harapannya lokasi-lokasi yang kosong itu bisa terisi sehingga lebih merata,”ujar Kepala Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga Unpad, Edward Henry, S.Ip., MM.

Perubahan lainnya, lanjut Edward, para pengguna parkir kini harus melakukan pembayaran biaya parkir saat masuk, bukan saat keluar seperti sistem sebelumnya. Pembayaran parkir di pintu masuk ini berlaku untuk parkir mobil maupun sepeda motor, dengan tarif yang sama seperti selama ini yaitu flat Rp 1.000 untuk sepeda motor dan Rp 2.000 untuk mobil.

Dalam beberapa hari ini, para pengguna parkir masih akan menemui pelayanan karcis secara manual karena ada pergantian operator parkir. Kini, parkir di lokasi kampus Unpad Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung dikelola oleh Brave Parking, menggantikan operator sebelumnya Line Parking.

“Karena perubahan operator ini, dalam beberapa hari ke depan pengguna parkir masih akan menemui penanganan secara manual. Ini karena perlu waktu untuk pemasangan jaringan, pembangunan pos, dll. Targetnya tanggal 1 Juli 2011 mendatang, sistemnya sudah siap semua,” jelas Edward.

Edward pun menegaskan, bagi pegawai Unpad yang datanya telah tercatat tetap akan mendapatkan fasilitas parkir gratis. Namun ia mohon maaf bila dalam proses penyesuaian dengan sistem baru ini ada data yang terlewat.

Dalam rangka penataan lokasi parkir, Unpad juga telah menyiapkan lokasi yang dulu ditempati oleh Koperasi Mahasiswa (Kopma) Unpad untuk menjadi lokasi parkir baru. Selain itu, lokasi parkir di Balai Kesehatan Unpad juga akan ditata ulang. Kopma dan Balkes Unpad terletak di Jln. Dipati Ukur, tak jauh dari lokasi kampus Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung.

“Lokasi di lahan bekas Kopma Unpad secara ideal diperkirakan dapat menampung 235 sepeda motor. Lahan tersebut mungkin baru bisa digunakan pada Agustus 2011 mendatang. Lokasi parkir di Balkes Unpad juga akan mengalami penataan supaya lebih tertib,” ujar Edward. *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s