Foke Resmikan Sistem Parkir Elektronik

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meresmikan sistem parkir elektronik di kawasan Melawai, Jakarta Selatan. Sistem parkir ini diharapkan bisa menjadi solusi parparkiran di pusat belanja dan bisnis itu.

Foke sempat menjajal sistem parkir otomatis yang terletak di Jalan Melawai IV ini. Foke mengemudikan sendiri mobil Toyota Land Cruiser hitamnya melewati palang parkir.

Seorang petugas memberikan kartu parkir berwarna oranye putih kepada Foke. Kemudian Foke memacu mobilnya menuju tepat peresmian yang terletak tidak jauh dari pintu masuk itu.

“Saya tadi sudah mencoba sistem ini dengan menggunakan smart card ini. Sistem ini berfungsi dengan baik. Mudah-mudahan semua berfungsi baik, bukan hanya pada saat gubernurnya lewat saja,” kata Foke, Rabu (9/3/2010).

Foke menjelaskan, dalam jangka panjang parkir di pinggir jalan akan dibatasi. Ia berharap sistem ini terus dikembangkan sehingga bisa menertibkan perparkirkan di Jakarta.

“Mudah-mudahan sistem baru ini dapat menjadi pilot project solusi masalah parkir di Jakarta,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakata Udar Pristono menyatakan pengelolaan parkir di Melawai dilakukan dengan sistem kerja sama antara Pemprov dan pengelola Blok M Square.

Menurutnya tarif parkir di luar Blok M Square akan menjadi hak Pemprov DKI. Sedangkan tarif parkir di dalam Blok M Square akan menjadi hak pengelola pusat perbelanjaan tersebut.

Pantauan detikcom, terdapat dua tarif parkir yang berlaku di kawasan Melawai. Untuk motor yang parkir di luar Blok M Square dikenakan tarif Rp 750 untuk satu jam pertama. Sedangkan untuk yang parkir di dalam Blok M Square dikenakan tarif Rp 500.

Sedangkan untuk mobil yang parkir di luar Blok M Square dikenakan tarif Rp Rp 3.000 untuk satu jam pertama. Sedangkan untuk mobil yang diparkir di luar Blok M Square dikenakan tarif Rp 2.000.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s