Mahasiswa Ciptakan Pintu Otomatis

SESUAI jurusannya, mahasiswa elektronik dituntut kreatif melalukan inovasi sesuai bidang keilmuannya. Hal ini pula ditunjukkan Dedy Rustsayawan (24). Mahasiswa Jurusan Elektro Fakultas Teknik Unila angkatan 2005 ini telah menciptakan Sistem Cerdas Pintu Otomatis dengan menggunakan PLC (progammable logic controller).

Bahkan, karyanya tersebut kini telah digunakan pada pintu laboratorium elektro lantai II fakultasnya.

Ditemui di kampusnya kemarin, Dedy menuturkan, dirinya paling suka mengotak-atik alat elektronik. Saking sukanya kemudian menjadi hobi.

’’Bahkan, saya pernah lupa makan dan mandi karena menghabiskan waktu untuk mengotak-atik alat elektronik. Alhamdulillah, saya pun mampu membuat alat yang bisa bermanfaat ini,’’ aku putra pertama dari tiga bersaudara pasangan Ruslan dan Armiyanti ini.

Lebih lanjut, warga Kotabumi Lampung Utara, yang tinggal kos di Bandarlampung, ini memaparkan, ada dua program pengendali dalam Pintu Cerdas Otomatis buatannya tersebut. Yakni micro controller yang biasanya digunakan dalam sistem robotic dan pengendali PLC yang biasa digunakan di industri otomotif untuk pengepakan barang.

Sedangkan peralatan yang digunakan dalam sistem cerdas pintu otomatis, lanjutnya, antara lain PLC, relay, kapasitor, kapasitor, papan PCD, sensor, dan komponen pendukung lainnya.

Ide membuat alat ini sendiri muncul, menurutnya, karena sudah ada dalam teori mata kuliah yang diambilnya. Ditambah kegiatan belajarnya lebih banyak di laboratorium elektro.

’’Ya, faktor saya suka berlama-lama dan bahkan kini menjadi penjaga laboratorium juga yang mendorong saya membuat alat ini. Selain memang mendalami teorinya,’’ ungkapnya.

Dedy yang pernah berpindah-pindah  kos ini juga mengaku hobinya tersebut tidak ada kaitannya dengan profesi orang tuanya. Sebab, sang ayah berprofesi sebagai wiraswasta dan ibu guru.

’’Saya memang tidak mengikuti jejak mereka (kedua orang tuanya, Red). Saya lebih memilih menjadi seorang peneliti dan menekuni bidang elektronik ini merupakan dorongan hati dan dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak,’’ tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s