Parkir Bikin Kecewa

Palangparkir news. Pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor parkir yang rata-rata hanya sekitar Rp 400 juta pertahun dinilai masih sangat rendah. Nominal tersebut masih kalah jauh dengan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur yang pendapatan dari sektor parkirnya mencapai Rp 4 miliar pertahun. Padahal jumlah kendaraan di Blora dan Bojonegoro diyakini tidak beda jauh.

“Itu patut ditelusuri kenapa pendapatannya bedanya jauh. Terus terang kami belum puas dengan pendapatan dari perparkiran di Blora ini,” ujar Seno Margo Utomo, salah seorang anggota DPRD Blora, Rabu (3/8).

Setelah ditelusuri, menurut Seno, perbedaan sangat mencolok itu terjadi karena penerapan sistem yang berbeda terkait pungutan parkir. Dia menyebut di Bojonegoro, kabupaten yang bertetangga dengan Blora,  diterapkan parkir berlangganan. Sementara di Blora parkir dibayarkan langsung pemilik kendaraan kepada tukang parkir.

Dari tukang parkir, uangnya diserahkan kepada petugas. “Sebaiknya di Blora juga diterapkan sistem parkir berlangganan. Ini untuk peningkatan PAD. Bayangkan jika pendapatan dari perparkiran mencapai Rp 4 miliar pertahun, lonjakannya ratusan persen,” katanya.

Seno menuturkan, fraksinya secara resmi telah menyampaikan pendapatnya kepada Pemkab Blora untuk menerapkan parkir berlangganan. Anggota Dewan dari Fraksi Pembaruan Keadilan Masyarakat (FPKM) itu menyatakan dari segi aturan, tidak ada yang dilanggar dari penerapan parkir berlangganan tersebut.

“Di kabupaten di provinsi lain bisa diterapkan, kenapa di Blora tidak. Setahu saya di Jateng ada kabupaten yang juga menerapkan parkir berlangganan,” tandasnya.

Bea parkir berlangganan dipungut ketika pemilik kendaraan mengurus atau membayar pajak perpanjangan surat kendaraan bermotor di kantor Samsat. Di Bojonegoro, parkir berlangganan untuk sepeda motor ditetapkan sebesar Rp 20.000 per tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s